Wako : Hindari Penulisan Berita Hoaks

29 Pengurus PWI Kota Lubuklinggau Dilantik

SILAMPARI ONLINE

Muat Lebih

LUBUKLINGGAU– Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe mengajak anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Lubuklinggau agar saling bersinergi dalam membangun Kota Lubuklinggau menuju ke arah yang lebih baik.
Ajakan tersebut disampaikan wali kota saat menyampaikan sambutan pada acara pelantikan kepengurusan PWI Kota Lubuklinggau masa bhakti 2019-2020 di Ballrom Smart Hotel Lubuklinggau, Kamis (3/10).

Selain saling sinergitas, Wako kembali mengingatkan insan pers agar dalam penulisan berita haruslah berimbang sehingga terhindar dari berita hoax. Media juga harus selektif dalam penulisan berita agar terhindar hal-hal yang menyesatkan.

“Pasti ada oknum yang tidak baik dalam menulis berita. Akibatnya berita tersebut menjadi hoax. Nah sasaran kita saat ini adalah menghindari (memerangi) berita hoax. Oleh karena itu saya meminta kepada rekan pers mari ciptakan suasana kondusif dalam menulis berita di media masa atau medis social sehingga terhindar dari hal –hal negatif,” imbuhnya.

Bagi kalangan muda harus menyimak berita dengan baik dan menjalankan kegiatan yang positif karena kalangan muda inilah akan menjadi penerus pembanguan di Kota Lubuklinggau.
“Saya akan mendukung kegiatan-kegitan positif apalagi kegiatan yang bersifat mengundang orang ke Kota Lubuklinggau guna meningkatkan perekonomian,” ujarnya.

Wako mengaku sudah menganggarkan kegiatan untuk PWI Kota Lubuklinggau khususnya anggota PWI Lubuklinggau dan wartawan yang sudah terdaftar untuk melakukan kegiatan positif.

Ketua PWI Propinsi Sumatera Selatan, H Firdaus Komar menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Komunikasi dan Informatikan Kota Lubuklinggau yang telah mensupport kegiatan PWI Lubuklinggau. “Alhamdulilah acara pelantikan PWI Lubuklinggau dan seminar berjalan dengan lancer. Kita ketahui insan pers sangat dibutuhkan bagi daerah dan negara Indonesia,” Firdaus Komar

Ditambahkannya, pers, pemerintah dan masyarakat tidak bisa dipisahkan karena ketiga-ketiganya saling bergantungan. Kita lah yang berkontribusi dalam memberantas berita hoax karena insan pers inilah yang beritanya bisa dipercaya. Alhamdulilah akan ada kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) dan kegiatan Pekan Olahraga Wartawan Tingkat Provinsi Sumsel di Kota Lubuklinggau,” ucapnya.

Dirinya meyakini PWI akan eksis di Kota Lubuklinggau dengan support wali kota. Bahkan dia mengapresiasi terobosan-terobosan yang dilakukan wali kota Lubuklinggau.

Sementara Ketua PWI Kota Lubuklinggau, Endang Kusmadi menyampaikan PWI Lubuklinggau memang fakum sudah lama dan hanya beranggotakan delapan orang. Nah sekarang yang bergabung di PWI sebanyak 29 orang.
Untuk menjadi anggota PWI lanjutnya, harus melalui orientasi terlebih dahulu layak atau tidak menjadi anggota PWI.

Sebagai informasi, ada 30 orang dari kalangan wartawan dilantik menjadi pengurus PWI Kota Lubuklinggau masa bhakti 2019-2020, diantaranya Endang Kusmadi (Ketua), Muhamad Yasin (Sekretaris) dan Agus Hubya Handoyo (Bendahara).(Kominfo Lubuklinggau)