Walikota Minta Bendungan Watervang Direhabilitasi

SILAMPARI ONLINE

LUBUKLINGGAU– Rapat koordinasi lanjutan pengaturan alokasi air untuk sawah dan kolam ikan serta rencana rehabilitas D 1 Kelingi Tugumulyo, berlangsung di Hotel Dafam Kota Lubuklinggau Selasa (14/1/2020). Kegiatan ini dilakukan oleh Dirjen SDA Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII.

Muat Lebih

Wali Kota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe menyampaikan, pertemuan ini sangat berarti tujuannya merehap dan mengatur peredaran air di Kota Lubuklinggau dan Musi Rawas guna pemanfaatan irigasi untuk mengasilkan yang terbaik.

Lanjut kata Wako, Kota yang hadir rata-rata pelaku usaha yang mempunyai kolam Lubuklinggau sebenarnya cuma sedikit pengguna airnya ini akan tetapi sumber air utama dari Kota Lubuklinggau.

Wako juga menyampaikan mengenai bendungan Watervang. Bangunan ini adalah peninggalan prasejarah yang sudah lama kondisi watervang ini perlu perhatian.

“Harapan saya, bendungan watervang harus direhabiltasi karena sangat berguna untuk irigasi perair dan bisa dimanfaatkan untuk yang lain khususnya rehap jembatan disana. Watervang bisa dimultifungsikan bisa sebagai tempat wisata dan sebagai bendungan irigasi agar bisa membantu perekonomian masyarakat Kota Lubuklinggau,” harapnya.

Masih kata Wako, kedepannya irigasi yang perlu direhabiltasi segera direhabilitasi semoga dengan pertemuan ini dapat menyelesaikan permaslahan-permaslahan yang ada.

“Kami mempersiapkan pembangunan embung didaerah Petanang di kawasan wisata terpadu untuk perairan disana,” pungkasnya.

Dalam acara ada penadatangan nota kesepakatan oleh Wali Kota Lubuklinggau. Sementara Kepala balai besar wilayah Suamtera Vlll Biron Drajara  menyampaikan ini adalah pertemuan kesekian kalinya dengan konsultasi masyarakat yang membahas suplai air dari bendungan wartervang dan mengenai alokasi airnya untuk irigasi.

Akan ada rehabiltasi perairan sambung Biron Drajara, untuk sawah dan kolam untuk irigasi kelingi Tugumulyo. “Kami dibantu konsultan masyarakat yang sudah dilakukan surve pada titik-titik yang akan dilakukan rehabilitasi,” ujarnya.

Ikut hadir Wakil Bupati Hj Suwarti, Dandim 0406 MLM Letkol Inf Aan Setiawan, Kepala Kejari Kota Lubuklinggau Hj Zairidah, Kapolres Lubuklinggau yang di wakili Kompol Raphael bukit jaya lingga ST.SH, dan Kapolres Musirawas Kabbag Ops Kompol Suparlan. (Rilis)