Warga Binaan Perindah Halaman Lapas Banyuasin

SILAMPARI ONLINE,

Sebanyak 11 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuasin melaksanakan kegiatan asimilasi luar dengan  membersihkan dan memperindah halaman disekitar area Lapas Banyuasin, Sabtu (07/03/2020).

Muat Lebih

Kepala Lapas Kelas IIA Banyuasin melalui Kasubsi Bimbingan Kemasyarakatan dan Perawatan, Marten Rumbrawer menjelaskan, Asimilasi merupakan salah satu  proses pembinaan WBP yang dilaksanakan dengan menerjunkan WBP dalam kehidupan masyarakat.

“Pada dasarnya semua WBP dapat diberikan asimilasi, kecuali bagi WBP yang terancam jiwanya atau yang sedang menjalani pidana penjara seumur hidup,”  jelasnya.

Marten menambahkan, WBP yang mengikuti kegiatan asimilasi ini sebelumnya telah melalui sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP), dengan ketentuan memenuhi syarat yaitu berkelakuan baik dengan dibuktikan tidak sedang menjalani hukuman disiplin dalam kurun waktu 6 enam bulan terakhir, sudah menjalani 1/2 Masa Pidana dan juga aktif mengikuti program pembinaan dalam Lapas.

“Sebagian besar, WBP yang kita kerahkan ini telah menerima SK Pembebasan bulan ini, jadi kegiatan ini juga menjadi salah satu proses pembinaan bagi para WBP tersebut guna mempersiapkan mereka untuk kembali berbaur dengan masyarakat dan keluarga,” tambahnya.

lebih lanjut, ia mengatakan kegiatan asimilasi dimulai sejak pukul 09:00 WIB sampai dengan pukul 11:35 WIB dengan pengawalan petugas sesuai dengan tugas yang diberikan, di antaranya mengecat dan melukis tembok depan Lapas, membersihkan halaman, menebas rumput liar, hingga merapikan taman.

“Dengan adanya kegiatan asimilasi ini, para WBP diharapkan banyak belajar cara untuk bersosialisai dengan lingkungan luar agar mereka dapat di terima kembali di tengah – tengah masyarakat serta memberikan kontribusi positif  bagi masyarakat,” tutupnya. (Eggy)