Wujudkan Desa Sadar Hukum

Calon Bupati Lahat, Bursah Zarnubi. Foto : Nopiriadi/HS.

Silampari Online,

LAHAT – Konsep membangun desa, ada dalam Menata Kota Membangun Desa yang merupakan tagline kampanye calon Bupati Lahat, Bursah Zarnubi bukan hanya terfokus pada pembangunan infrastrktur, pertanian, industri, pariwisata saja tetapi juga pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDA).

“Masyarakat harus dibekali juga dengan Pengetahuan hukum, karena itu sangat diperlukan mewujudkan desa-desa sadar hukum,” kata Bursah Zarnubi saat ditemui di kediamannya, Talang Jawa Lahat, Minggu (4/3).

“Insya Allah, apabila diberi amanah memimpin Kabupaten Lahat, kita akan wujudkan desa sadar hukum, dengan melakukan pembinaan pembinaan keluarga-keluarga sadar hukum. Kalau setiap individu dalam keluarga tahu hukum, Insya Allah akan terwujud Desa Sadar Hukum,” imbuhnya.

Bursah menilai, hal tersebut sangat penting bagi masyarakat di pedesaan. “Kalau saat ini Kabupaten Lahat ada 48 Desa Sadar Hukum, nanti semua desa akan menjadi desa sadar hukum, harus adil, semua masyarakat punya hak atas perolehan pengetahuan hukum,” ungkapnya.

Kalau tahu hukum, lanjutnya, minimal tidak akan melakukan kejahatan atau pelanggaran dan juga dapat mencegah perbuatan jahat. “Kalau nantinya dalam pemerintahan saya ada kesalahan, masyarakat bisa kritik dan saran sesuai mekanisme hukum yang berlaku, demo juga silahkan asal jangan anarkis,” katanya.

Menanggapi pernyataan Bursah Zarnubi tersebut, Suhardi SH, aktivis Lembaga Bantuan Hukum Lahat mengatakan, setiap pemerintahan daerah harus mewujudkan desa sadar hukum, dan di setiap desa berdasarkan aturan turunan dari UU Desa juga harus disediakan Penasehat Hukum atau Paralegal.

“Kita optimis bahwa Pak Bursah Zarnubi bisa mewujudkan desa sadar hukum, selain menjalan amanat Undang Undang, Bursah Zarnubi memiliki kemampuan untuk memanajemen hal tersebut,” pungkasnya.

Diketahui, saat ini di Kabupaten Lahat terdapat 48 desa sadar hukum, yang dibina oleh Bagian Hukum Pemda Lahat bekerjasama dengan Lembaga Bantuan Hukum Lahat. (HS-06)